Wednesday, July 10, 2013

IBD Cita - cita dan Harapan

Sudah lama aku tidak menuliskan cita-cita dan harapanku itu. Sehingga saat ditanya sama sahabatku itu tentang cita-citaku, aku hanya mampu mengatakan 3 buah. Apakah hanya tiga buah cita-citaku ini?
                Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, impian itu artinya cita-cita atau keinginan yang susah dicapai. Sedangkan keinginan adalah hasrat atau kehendak atau harapan.  Harapan adalah sesuatu yang dapat diharapkan atau keinginan supaya menjadi kenyataan. Cita-cita adalah keinginan yang selalu ada dipikiran. Intinya, impian, cita-cita, harapan ataupun keinginan adalah sesuatu yang selalu ada di dalam pikiran kita dan selalu ingin diraih atau diwujudkan menjadi sebuah kenyataan walaupun meraihnya susah sekali.Kutelusuri kembali noteku yang aku tulis di FB dan di blog, ternyata terakhir kali aku menuliskan daftar impianku adalah pada tanggal 12 Desember 2009. Wah sudah lama juga. Disitu tertulis 5 mimpiku, alhamdulilah beberapa terwujud di tahun 2010.
                Saat aku lihat note temanku, wah dia menuliskan banyak sekali, 10 cita-cita yang dia tulis, dan itupun masih akan bertambah dengan berjalannya waktu. Sedangkan aku, hanya mampu menjawab 3 buah cita-citaku. Entah kenapa aku mau mengatakan 3 buah saja. Tidak seperti yang dulu-dulu, mampu menuliskan banyak sekali impian, harapan ataupun cita-cita. Dari semua mimpi itu hanya satu yang tidak pernah berubah dari 11 tahun yang lalu.
                Mimpi 11 tahun yang lalu, yang ingin aku wujudkan. Melihat, belajar dan tinggal di sebuah kota bernama Edinburg. Entahlah, apakah Allah memberiku kesempatan untuk bisa ke sana. Dulu pernah bermimpi untuk bisa sekolah di German, tapi ternyata dapatnya malah di tetangganya German. Walaupun demikian tetap aku syukuri bisa ke eropa, bisa memenuhi janjiku 10 tahun yang lalu pada seseorang.
                Kalau teman-teman yang lain bercita-cita ingin punya mobil, Iphone, Ipad, macbook dll. Aku hanya ingin bisa berguna buat semua orang dengan ilmu dan pengalaman yang aku miliki. Aku ingin bisa seperti salah satu blogger yang mampu menghasilkan tulisan dan bisa dipublish baik di jurnal international, proceeding ataupun Koran local. Entah kenapa hal tersebut mampu membuatku iri padanya. Kapan ya aku bisa begitu? Entahlah semoga nanti ada kesempatan bisa seperti beliau.
Mimpi, cita-cita, harapan ataupun keinginan setiap orang berbeda-beda. Apapun itu, mari kita usahakan untuk mewujudkannya, meskipun untuk meraihnya sangat sulit dan harus menanggis berdarah. Namun ingatlah saat kita mampu meraihnya, beban itu rasanya lepas dan bebas. Tak terkatakan dan bahagianya akan selalu kita ingat.
                Tulislah mimpi kalian dan taruhlah itu 5 cm di depan kening kalian. Agar kalian bisa melihatnya setiap hari, memberikan semangat pada kalian, dan saat kalian jatuh, mimpi itu yang akan membuat kalian bisa bangkit lagi. Kejarlah cita-cita, impian dan harapan kalian. Semoga Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk mewujudkan itu semua. Selamat berjuang meraih cita-cita…
Sumber : film 5 cm dan http://threeas.wordpress.com

No comments:

Post a Comment